5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami


5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Siapa sih yg tidak kesal jika mempunyai bopeng bekas jerawat, apalagi bopeng yang sudah lama tak kunjung hilang, pastinya bukan hanya rasa kesal saja yg ada di benak penderitanya juga perasaan lainnya yg membuat perasaan dongkol, gregetan dan jengkel dengan wajah yang ada bopengnya.

5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Bopeng bekas jerawat adalah efek yang ditinggalkan oleh jerawat akibat penanganan jerawat yang salah, biasanya diakibatkan karena memencet dengan kuku atau menggunakan alat lainnya dengan tujuan agar jerawat tersebut cepat hilang.

Memang memencet jerawat dapat menghilangkan jerawat secara instan tetapi sebenarnya itu adalah kesalahan besar yang justru akan menimbulkan masalah baru yaitu terjadinya luka lalu berakibat bopeng bekas jerawat. Bopeng bekas jerawat memiliki ciri-ciri seperti permukaan kulit bergelombang seperti kawah kadang juga berlubang, bisa dilihat seperti pada gambar di atas.

Namun demikian secara medis tidak ada istilah bopeng, bekas jerawat dalam dunia medis dibedakan menjadi 3 jenis bekas jerawat yaitu bekas jerawat rolling, bekas jerawat boxcar dan bekas jerawat icepick.
Bekas jerawat memang menjadi masalah. Jerawat yang menghilangkan bekas biasanya adalah jerawat berbentuk nodul dan kista ( benjolan jerawat besar ) yang disebabkan karena jerawat dipencet-pencet sehingga terjadilah jaringan parut atau scar bekas jerawat.
Ada 3 jenis bekas jerawat yaitu:
  1. Bekas jerawat rolling yaitu permukaan kulit tampak begulir dan tidak rata akibat terbentuknya jaringan parut di bawah kulit.
  2. Bekas jerawat boxcar yaitu jaringan parut di bawah kulit berbentuk oval atau seperti kawah.
  3. Bekas jerawat icepick yaitu permukaan kulit tampak seperti berlubang akibat tusukan benda tajam ( sumber alodokter.com )
Terlepas dari nama dan jenis bekas jerawat, bekas jerawat atau bopeng bekas jerawat tetap menjadi masalah bagi penderitanya dan pastinya penderita bopeng bekas jerawat ingin sekali agar bopeng bekas jerawat tersebut hilang dan wajah kembali mulus dan bersih saat sedia kala.

5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Cara mengobati bopeng bekas jerawat bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dilakukan dengan diperiksakan ke dokter atau dengan menggunakan cara tradisional dan alami. Pengobatan bopeng bekas jerawat secara medis ada beberapa teknik yang bisa digunakan.

Menghilangkan bopeng bekas jerawat memang membutuhkan waktu dan jenis terapi / tindakan yang sedikit invasif. Yang dimaksud dengan invasif adalah tindakan yang merangsang pertumbuhan kulit bagian atas (epidermis) secara cepat, sehingga diharapkan bopeng bekas jerawat akan lebih samar dan semakin lama akan memudar.

Beberapa jenis pengobatan bopeng bekas jerawat secara medis yang bisa lakukan adalah :

  • Peeling, yaitu menggunakan bahan kimia untuk mengelupaskan kulit bagian atas (epidermis).
  • Mikrodermabrasi, yaitu dengan menggunakan alat yang berfungsi menghaluskan dan meratakan kulit yang sudah bopeng serta merangsang pertumbuhan kulit dan kolagen di bawah kulit.
  • Laser, yaitu dengan menggunakan media laser dalam pengobatan bopeng bekas jerawat.
  • Derma roller, yaitu menggunakan alat seperti jarum kecil yang bisa membuat luka kecil dan memasukkan obat kedalam kulit melalui lubang kecil tersebut agar merangsang pertumbuhan kulit dan lambat laun dapat memudarkan bopeng bekas jerawat.
  • Skin graft yaitu pengobatan bopeng bekas jerawat dengan menanam kulit sehat di area yg bermasalah tersebut.
Selain dengan pengobatan secara medis, cara mengobati bopeng bekas jerawat secara tradisional pun menjadi pilihan atau solusi alternatif. Yang dimaksud pengobatan bopeng secara tradisional ialah dengan menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang tentunya berkhasiat membantu mengobati bopeng bekas jerawat secara alami.

Berikut ini inforamasi 5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami, antara lain :

5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami
1. Dengan bawang putih
Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan sebagai obat bopeng alami, mulai dari mengempeskan, menyembuhkan hingga menyamarkan bopeng bekas jerawat adalah bawang putih. Hal ini terjadi karena di dalam bawang putih terdapat nutrisi yang bisa membuat jerawat sembuh dan hilang. Cara menbersihkan bopeng bekas jerawat di wajah dengan bawang putih caranya yaitu :
  • Sediakan beberapa siung bawang putih
  • Kupas kulit bawang putih lalu cuci bersih dan haluskan.
  • Gunakan bawang putih yang sudah dihaluskan sebagai masker.
  • Lakukan secara rutin sampai bopeng bekas jerawat hilang dan tersamarkan dengan baik.

5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami
2. Menggunakan asam jawa
Bahan alami kedua yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat maupun bopeng bekas jerawat adalah asam jawa. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan antioksidan yang ada di dalam asam jawa dipercaya bisa menjadikan bahan alami tersebut sebagai penyembuh dan penyamar noda jerawat ampuh. Mengolah asam jawa menjadi obat bopeng alami caranya cukup mudah seperti berikut ini :
  • Ambil beberapa asam jawa matang
  • Buang isi dan ambil daging buahnya saja
  • Lumatkan hingga membentuk menjadi pasta lalu tambahkan sedikit madu dan aduk rata
  • Jika sudah, obat bopeng alami pun sudah jadi, gunakan obat alami tersebut untuk masker di wajah atau kulit yang mengalami jerawat dan terdapat bopeng bekas jerawat.

5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami
3. Menggunakan jeruk lemon
Lemon memiliki banyak kandungan diantaranya asam sitrat (AHA) serta L-ascorbic acid, astringent dan antioksidan alami, beberapa kandungan itulah yang dipercaya mampu menghilangkan dan menyamarkan bopeng bekas jerawat secara alami. Cara membersihkan bopeng bekas jerawat menggunakan jeruk lemon, pertama yang dilakukan ialah :
  • Siapkan buah lemon segar secukupnya
  • Peras lemon dan simpan airnya pada wadah
  • Oleskan sari lemon pada bopeng bekas jerawat
  • Lakukan secara rutin hingga bopeng bekas jerawat memudar

4. Dengan putih telur
5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara AlamiPutih telur memiliki Protein dan vitamin yang dipercaya dapat membantu mengencangkan dan mengurangi kadar minyak di kulit wajah. Hal ini membantu membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi inflamasi sehingga dapat membantu juga untuk menyamarkan bopeng bekas jerawat secara alami. Tidak perlu repot-repot mengolah putih telur untuk membuat obat bopeng alami karena cukup dengan mengambil putih telurnya saja lalu oleskan pada wajah yang ada bopeng dan setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sampai bopeng bekas jerawat samar dan hilang.


5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami
5. Menggunakan kayu manis dan madu
Sifat antimikroba dari kayu manis dan sifat antibiotik madu dianggap sebagai kombinasi yang bagus untuk membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat yaitu bakteri P. Acne dan juga dapat membantu menyamarkan bopeng bekas jerawat. Cara membuatnya pun sangatlah mudah, pertama sediakan bubuk kayu manis lalu campur dengan madu secukupnya, campuran ini lah yg menjadi obat bopeng alami yg bisa langsung di gunakan dengan mengolesnya pada bopeng bekas jerawat atau dengan memaskerkannya di seluruh wajah diamkan 15 menit lalu basuh dengan air bersih.

Itulah beberap tips 5 cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami menggunakan beberapa bahan alami yang bisa Anda coba. Sebenarnya masih banyak bahan alami lainnya yang bisa dicoba yang tentunya memiliki khasiat mengobati bopeng bekas jerawat.

Jika ingin mendapatkan penanganan yang tepat untuk menangani masalah bopeng bekas jerawat, tidak ada salahnya jika berkonsultasi dulu ke dokter kulit agar mendapat penanganan yang tepat. Walaupun memerlukan biaya yang cukup lumayan jika diperiksa ke dokter tentu itu adalah langkah terbaik jika ingin Anda ingin mendapatkan penanganan yg tepat untuk mengembalikan wajah yang bopeng kembali mulus.

5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami